3 Tips Membersihkan Alat Masak dari bahan Kayu

3 Tips Membersihkan Alat Masak dari bahan Kayu

Anda pasti punya peralatan masak berbahan kayu di rumah kaaaann…? Saya sendiri lebih suka mengoleksi alat masak yang berbahan kayu. Karena Selain tidak bisa berkarat, peralatan memasak dengan bahan kayu terlihat lebih alami dan natural. Tapi, cara merawat peralatan berbahan kayu ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Cara membersihkannya pun tidak sama dengan alat masak berbahan alumunium, besi, kaca, stainless steel, atau plastik yang cukup dicuci dengan sabun dan air. Sifat bahan kayu sangat mempengaruhi perawatannya. Lalu seperti apa sih cara perawatannya yang tepat?

alat-dapur

1. Jangan Direndam ya…..

Peralatan masak dan alat dapur yang berbahan kayu sebaiknya langsung dicuci dan tidak direndam air. Karena bahan kayu ini berpori dan dapat menyerap air, Maka peralatan yang masih mengandung air akan mudah sekali berjamur. Kecuali jika centong nasi berbahan kayu banyak menempel kerak nasi, boleh-boleh saja kok direndam air. Asal jangan terlalu lama.

2. Selalu Gunakan Sikat

Cara terbaik untuk membersihkan alat dapur berbahan kayu adalah dengan menyikatnya. Anda bisa memakai sabun cuci yang dicampur air panas supaya kotoran bisa dibersihkan dengan sempurna. Untuk alat masak yang berukuran kecil, Anda cukup menggunakan sikat kecil seperti sikat gigi. Tapi, kalau peralatannya berukuran besar seperti telenan atau parutan kelapa, anda bisa menggunakan sikat cuci agar lebih mudah dibersihkan.

3. Keringkan dulu Sebelum Disimpan

Jika peralatan dapur lain bisa langsung ditiriskan atau cukup ‘diangin-anginkan’, maka alat masak kayu ini wajib dikeringkan dahulu sebelum disimpan. Jika tidak, peralatan masak kayu bisa berjamur dan berubah warna. apalagi jika dibiarkan lembab dan disimpan di dalam tempat yang kurang cahaya. Pakailah kain kering untuk mengelap alat masak kayu ini.

3 Tips diatas tidak hanya berlaku bagi peralatan dapur dari kayu seperti spatula, sendok dan garpu saja lho, tetapi juga bisa diterapkan saat sedang membersihkan telenan kayu,parutan kelapa, atau cobek. Bagaimana…. Menarik kan untuk dicoba?

artikel dari : www.jawapos.com

“practices make perfect”

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *